Halo BMT Beringharjo

(0274) 549152/549157

BERING TIRTA

Dipublikasi pada 07/01/2022 • Dilihat: 26x

PERESMIAN SUMUR BOR DAN RESERVOIR DI NGLIPAR

Pada tgl 7 September 2019 Baitul Maal BMT Beringharjo tergerak untuk membantu warga di daerah-daerah yang sulit untuk mendapatkan air bersih melalui BERING TIRTA. Bering Tirta adalah program pemberdayaan BMT Beringharjo dibawah Divisi Maal, merupakan sinergi dari banyak unsur, akademisi, profesional, komunitas dan masyarakat yang umum sebagai donatur. Seperti beberapa waktu lalu donasi dari Ikatan Istri Dokter Indonesia Cabang Yogyakarta. Bering Tirta I dan II dibangun untuk warga Ngelorejo, Natah, Nglipar, Gunung kidul.

Sebelum pembangunan sarana air bersih tersebut terlebih dahulu dilakukan survey dan penelitian lokasi sumber air di wilayah tersebut oleh relawan Paguyuban Air Minum Masyarakat Yogyakarta (Pamaskarta), Universitas Gajah Mada, dan pihak – pihak yang ahli dalam hal tersebut. Setelah dilakukan penelitian mengenai wilayah tersebut langkah selanjutnya adalah pembangunan sumur bor, reservoir, dan pengaliran ke rumah – rumah warga, dibuat juga water mater untuk mengontrol penggunaan air warga. Demi keberlangsungan Bering Tirta, peran warga dituntut dengan membayar uang penggunaan kepada kelompok pengelola air, dana tersebut digunakan untuk perbaikan dan perawatan alat yang statusnya sudah menjadi milik warga.

PERESMIAN SUMUR BOR DAN RESERVOIR DI NGAWEN

Program Bank Air yang merupakan kerjasama antara Baitul Maal BMT Beringharjo, @ybmpln dan @yakesma. Telah diresmikan pada hari Selasa 15 Desember 2020, di Padukuhan Bejono, Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen Gunung Kidul. Program tersebut merupakan tindak lanjut dari masalah kekurangan air yang sering dirasakan setiap tahunnya. Adapun sarana yang dibangun meliputi sumur bor beserta instalasi air bersih yang mampu memenuhi kebutuhan air bagi sekitar 90 KK.

Untuk memanfaatkan air tersebut masyarakat dipungut biaya Rp. 3.000 per liter kubik. Uang dari warga dikelola oleh kelompok pengelola air dan digunakan untuk operasional dan pemeliharaan instalasi. Tarif ini jauh lebih murah dibanding membeli air dengan tangki. Dengan begitu pengeluaran warga bisa berkurang dan bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta dalam pembangunan “Bank Air” Padukuhan Bejono. Semoga menjadi amal dan berkah bagi kita semua. Dan semoga BMT Beringharjo bisa lebih memberikan kemanfaatan bagi seluruh masyarakat. Aamiin.

Dukung terus kegiatan pemberdayaan sosial masyarakat dari Baitul Maal BMT Beringharjo. Uluran tangan bapak dan ibu sekalian meruapakan dukungan yang sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan

© Copyright 2016 BMT Beringharjo
mega888 mega888 online casino malaysia mega888 mega888 super 8 ways ultimate super 8 ways ultimate