Halo BMT Beringharjo

(0274) 549152/549157

Dipublikasi pada 14/05/2019 • Dilihat: 386x

     “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan”. (Qs. Al-Baqarah ayat: 164)

Begitu pentingnya Air yang diturunkan Allah bagi kebutuhan makhluk hidup di dunia, seperti yang telah tertuang dalam Al-Quran sebagai denyut nadi kehidupan manusia, yang membawa hal-hal yang berguna bagi manusia. seperti diketahui Air merupakan penyusun utama tubuh yaitu 55-60% dari berat badan orang dewasa atau 70% dari bagian tubuh tanpa-lemak (lean body mass). Untuk kebutuhan pribadi saja, sebegitu banyaknya kita membutuhkan air, belum lagi kebutuhan sehari hari kita dan lingkungan kita, jadi aktivitas kita bisa terganggu apabila kita kekurangan asupan air terlebih air bersih.

Guna memenuhi kebutuhan pokok berupa air bersih tersebut, BMT Beringharjo tergerak untuk membantu warga di daerah-daerah yang sulit untuk mendapatkan air bersih melalui BERING TIRTA. Bering Tirta adalah program pemberdayaan BMT Beringharjo dibawah Divisi Maal, merupakan sinergi dari banyak unsur, akademisi, profesional, komunitas dan masyarakat yang umum sebagai donatur. Seperti beberapa waktu lalu donasi dari Ikatan Istri Dokter Indonesia Cabang Yogyakarta. Bering Tirta I dan II dibangun untuk warga Ngelorejo, Natah, Nglipar, Gunung kidul.

Sebelum pembangunan sarana air bersih tersebut terlebih dahulu dilakukan survey dan penelitian lokasi sumber air di wilayah tersebut oleh relawan Paguyuban Air Minum Masyarakat Yogyakarta (Pamaskarta), Universitas Gajah Mada, dan pihak – pihak yang ahli dalam hal tersebut. Setelah dilakukan penelitian mengenai wilayah tersebut langkah selanjutnya adalah pembangunan sumur bor, reservoir, dan pengaliran ke rumah – rumah warga, dibuat juga water mater untuk mengontrol penggunaan air warga. Demi keberlangsungan Bering Tirta, peran warga dituntut dengan membayar uang penggunaan kepada kelompok pengelola air, dana tersebut digunakan untuk perbaikan dan perawatan alat yang statusnya sudah menjadi milik warga.

Sebagai bentuk kepedulian kita, mari salurkan donasi terbaik anda untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami krisis air bersih dengan program Bering Tirta, melalui rekening :

BMT Beringharjo 501-3130101 a.n Baitul Maal

BNI Syariah 036-312-9352 a.n. KJKS BMT Beringharjo.

untuk konfirmasi donasi melalui 0895342382560, Atau hotline (0274) 549 152/549 157

Semoga Allah selalu memberikan barokah menerima amal ibadah kita. Aamiin.

#ZAKATdiBMTbisa

 

© Copyright 2016 BMT Beringharjo