Halo BMT Beringharjo

(0274) 549152/549157

Profil

Dipublikasi pada 02/05/2019 • Dilihat: 952x

Titik awal Baitul  Maal wat Tamwil  Beringharjo (KSPPS BMT Beringharjo) dimulai dari kegiatan Diklat Manajemen ZIS ( Zakat, Infaq, Sedekah) dan Ekonomi  Syari’ah di BPRS Amanah Ummah di Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 1-5 September 1994 yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Republika dan Asosiasi Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah se-Indonesia (ASBISINDO).

Ibu Mursida Rambe

Selepas kegiatan tersebut dua akhwat yang merupakan Pendiri KSPPS BMT Beringharjo, yaitu Mursida Rambe dan Ninawati,  mengikuti magang selama satu  bulan di BPR Syariah Margirizki Bahagia Bantul Yogyakarta. Seusai magang, dua orang Srikandi ini dengan bantuan tambahan dari  Nazny Yenny dan Moh. Affan  Hamdani, mulai melakukan survey pasar, lokasi, lobby-lobby, dan persiapan lainnya untuk mendirikan BMT di Yogyakarta. Dengan support  dari DD Republika yang menempatkan bantuan dana sebagai modal  awal dari KSPPS BMT Beringharjo sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta ruapaih) maka berdirilah KSPPS BMT Beringharjo pada tanggal 31 Desember 1994 dengan nama BMT Bina Dhuafa Beringharjo. Dan pada tanggal 21 April 1995, bersama dengan 17 BMT lainnya, KSPPS BMT Beringharjo diresmikan oleh Bapak B.J. Habibie di Yogyakarta.

Ibu Ninawati

Dari tahun  ke tahun  KSPPS BMT Beringharjo yang dibangun dengan prinsip kejujuran dan memegang tinggi kepercayaan masyarakat ini makin berkembang. Komitmen untuk tetap bisa membantu masyarakat kecil atau kaum  dhuafa makin kuat dijalankan, sesuai dengan brand mark ‘Bina  Dhuafa’ yang sengaja dipilih  sebagai implementasi kegelisahan yang tinggi para pendirinya untuk bisa bertindak nyata sebagai wujud kepedulian untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi di kelas bawah. Karena sektor tersebut  sering dilupakan dan tidak digarap baik oleh bank umum  ataupun konvensional.

Kini BMT Bina Dhuafa Beringharjo yang telah berganti nama menjadi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Beringharjo (Perubahan Anggaran Dasar No 3 tanggal 7 Desember 2015 yang telah disahkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM RI melalui Surat No. 32/Dep.I/II/2016 tanggal 18 Februari  2016 dan telah

Bapak Moh. Affan  Hamdani

dicatat dalam Buku Daftar Umum Koperasi no. 120/ lap. PAD/I/ 2016 tanggal 22 Januari 2016)  dan memiliki 17 Kantor dengan 136 karyawan sebagai duta dalam melayani masyarakat dan Anggotanya, serta dengan tagline TRUST TOGETHER tetap istiqomah di jalan ekonomi syariah dan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan Anggotanya.

 

© Copyright 2016 BMT Beringharjo