Halo BMT Beringharjo

(0274) 549152/549157

NGAJI IQRO’

Dipublikasi pada 07/01/2022 • Dilihat: 45x

BURUH GENDONG MENGAJI

BURUH GENDONG MENGAJI merupakan program pemberantasan buta huruf Al-qur’an di usia tua. Karena program ini ditujukan untuk para buruh gendong di pasar beringharjo notabene usia mereka sebagian besar sudah tidak terbilang muda lagi. Dengan harapan diusia senja para buruh gendong tidak selalu untuk bekerja mencari nafkah, tetapi mereka juga beribadah. Dengan belajar membaca Al-Qur’an melalui tahaban belajar membaca huruf-huruf hijaiyah metode iqro’ kibar (Kibar A, B dan C) setelah selesai 3 tahaban iqro’ kibar tersebut baru Al-qur’an.

Alhamdulillah program Buruh Gendong mengaji ini diikuti oleh 60 orang ibu-ibu dengan antusias. Karena awal program ini dijalankan pesertanya baru 20an orang. Sekarang pesertanya meningkat cukup pesat. Sudah 2 kali Buruh Gendong mengikuti wisuda kenaikan tingkat iqro’ kibar. Untuk lokasi belajar mengaji tidak di musholla maupun masjid tetapi di Sentong Endong-endong pasar Beringharjo Yogyakarta lantai 2 (sebuah tempat yang berukuran tidak besar, biasa digunakan para buruh gendong pasar beringharjo beristirahat). Dengan belajar mengaji metode Iqro’ Kibar ini sekarang ada 10 orang ibu-ibu sudah ada yang Al-Qur’an. Usia Peserta Buruh Gendong mengaji ini antara 35 s/d 73th.

Untuk Kelas belajar mengaji di Sentong endong-endong Pasar Beringharjo digelar setiap Jumat Siang. Mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Belajar mengaji ini digagas oleh Baitul Maal KSPPS BMT Beringharjo. Pengajarnya berjumlah 3 orang ustadzah.

KOMPAK HARJO MENGAJI

KOMPAK HARJO merupakan singkatan dari Komunitas Bapak Becak Pasar Beringharjo. Sama seperti halnya Buruh Gendong, Bapak-bapak tukang becak ini juga mengikuti belajar mengaji. Awalnya mereka hanya mengikuti pengajian yang diadakan setiap bulan. Namun karena melihat semangat para buruh gendong dalam belajar membaca Al Quran, mereka juga ingin dibimbing untuk membaca Al-Quran.

Alhamdulillah, bapak-bapak becak yang ikut mengaji berjumlah 50 orang. Meskipun sudah lanjut usia, tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus belajar membaca Al-Quran. Hingga pada tahun 2019 sudah ada beberapa dari mereka yang mengikuti wisuda kenaikan tingkat iqro’ kibar.

WISUDA IQRO’ KIBAR

Wisuda Iqro Kibar ini diikuti oleh para buruh gendong & bapak-bapak becak Pasar Beringharjo. Harapannya, dengan diadakannya wisuda iqro kibar bisa memotivasi mereka untuk semangat dalam belajar membaca Al Quran. Selain itu, merupakan wujud apresiasi kepada mereka yang sudah ingin belajar membaca Al Quran hingga naik tingkat.

© Copyright 2016 BMT Beringharjo
mega888 mega888 online casino malaysia mega888 mega888 super 8 ways ultimate super 8 ways ultimate