Halo BMT Beringharjo

(0274) 549152/549157

Prosedur Penelitian

Dipublikasi pada 23/05/2016 • Dilihat: 41x

PROSEDUR PENELITIAN DI KJKS BMT BERINGHARJO
DIVISI RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D)
KJKS BMT BERINGHARJO

 

Petunjuk Teknis Permohonan Penelitian Mahasiswa/Pelajar

A. Tata Cara Pendaftaran

  1. Pemohon datang langsung ke Kantor Pusat BMT Beringharjo dengan membawa surat permohonan untuk melakukan penelitian yang ditujukan kepada staf Divisi Research and Development (R&D)
  2. Pemohon melapor dan mengisi buku tamu di ruang SATPAM Kantor Pusat BMT Beringharjo.
  3. Pemohon menyampaikan deskripsi secara umum mengenai penelitian yang akan diakukan kepada Divisi R&D. Diskripsi itu haruslah memuat mengenai tujuan, data yang diinginkan, metode penelitian, hingga lamanya penelitian yang diharapkan.
  4. Divisi R&D mencatat diskripsi mengenai point c tersebut di atas, dan membuat solusi tertulis di buku agenda Divisi R&D.
  5. Divisi R&D menyampaikan kepada pemohon untuk datang kembali esok harinya untuk keputusan diterima atau ditolak permohonan penelitiannya dan mengingatkan kepada pemohon untuk membawa proposal penelitiannya tersebut.
  6. Divisi R&D menganlisa mengenai kelayakan atau tidaknya pemohon untuk melakukan penelitian di BMT Beringharjo. Hasil ini disampaikan kepada General Manajer BMT Beringharjo.
  7. Setelah memiliki keputusan, maka Divisi R&D menyampaikan secara langsung kepada pemohon.
  8. Jika pemohon disetujui maka diharuskan membayar biaya administrasi penelitian. Disetorkan ke Bagian Keuangan Kantor Pusat. dengan Nomor Rekening 5040199 a.n BMT Beringharjo Pusat (untuk pemohon di jogja) atau transfer ke No Rek. BNI Syriah : 0124555850 an. Sri Indarti/Moh.Affan Hamdani Adapun ketentuan nominal administrasi adalah sebagai berikut :
    • Mahasiswa D1 s/d S1 = Rp. 200.000,-
    • Mahasiswa S2 = Rp. 300.000,-
    • Mahasiswa S3 = Rp. 500.000,-
  9. Divisi R&D menjadwalkan agenda penelitian tersebut di database pemohon penelitian.

Petunjuk Pelaksanaan Penelitian Mahasiswa/Pelajar

B. Pelaksanaan

  1. Divisi R&D melakukan koordinasi dengan Manajer Cabang Jogja untuk memastikan bahwa pemohon penelitian diterima di kantor tersebut
  2. Divisi R&D mengeluarkan surat pengantar penelitian yang ditujukan kepada Manajer Area Jogja yang ditunjuk sebagai tempat penelitian.
  3. Surat pengantar ditandatangani oleh staf Divisi R&D.
  4. Setelah mendapatkan surat pengantar penelitian, maka penelitian dapat dimulai.
  5. Penelitian dilakukan selama 2 (minggu) dan dapat diperpanjang 1 (minggu).
  6. Penelitian diwajibkan memberikan laporan perkembangan mengenai penelitian yang dilakukan minimal 3 (tiga) kali selama proses penelitian dilakukan.
  7. Jika penelitian memerlukan waktu penelitian lebih lama dan data baru di luar kesepakatan awal, maka pemohon wajib menyampaikan kepada Divisi R&D mengenai hal tersebut disertai dengan argumentasi yang kuat.

C. Penelitian Berakhir

  1. Divisi R&D dapat meminta data (dalam bentuk bentuk soft dan hard copy) hasil penelitian kepada peneliti, dan peneliti wajib memenuhi permintaan tersebut.
  2. Jika penelitian dilakukan untuk menyelesaikan tugas akhir (baik skripsi, tesis maupun disertasi) peneliti diwajibkan menyerahkan tugas akhirnya tersebut dalam bentuk soft dan hard copy kepada Divisi R&D.
    Point b adalah syarat mutlak untuk dikeluarkannya surat keterangan telah melakukan penelitian di BMT Beringharjo atas nama peneliti.
  3. Jika point c di atas telah dipenuhi, maka Divisi R&D akan mengeluarkan surat keterangan telah melakukan penelitian di BMT Beringharjo yang ditandatangani oleh Divisi R&D.
© Copyright 2016 BMT Beringharjo