Halo BMT Beringharjo

(0274) 549152/549157

Prosedur Magang

Dipublikasi pada 23/05/2016 • Dilihat: 19x

PROSEDUR MAGANG DI BMT BERINGHARJO
DIVISI RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D)
KJKS BMT BERINGHARJO

 

Petunjuk Teknis Permohonan Magang Mahasiswa/Pelajar dan Lembaga

A. Tata Cara Pendaftaran

  1. Pemohon yang berdomisili di Yogyakarta datang langsung ke Kantor Pusat BMT Beringharjo dengan membawa surat permohonan dan dilampirkan proposal untuk magang yang ditujukan kepada staff Divisi Research and Development (R&D).
  2. Pemohon yang berdomisili di luar Kota Yogyakarta mengirimkan surat permohonan untuk magang via kantor pos yang ditujukan kepada staff Divisi Research and Development (R&D).
  3. Surat permohonan untuk magang sudah diterima maksimal 1 (satu) minggu sebelum jadual magang yang telah ditentukan oleh pihak pemohon.
  4. Pemohon menyampaikan deskripsi secara umum mengenai magang yang akan dilakukan kepada Divisi R&D. Deskripsi proposal memuat mengenai tujuan dan materi apa yang diharapkan.
  5. Divisi R&D mencatat deskripsi mengenai point c tersebut di atas, dan membuat solusi tertulis di buku agenda Divisi R&D.
  6. Divisi R&D menganalisa kelayakan atau tidaknya pemohon untuk melakukan magang di BMT Beringharjo. Hasil ini disampaikan kepada Direksi BMT Beringharjo.
  7. Setelah memiliki keputusan, maka Divisi R&D menyampaian secara langsung kepada pemohon.
  8. Jika pemohon disetujui maka diharuskan membayar administrasi Magang. Disetorkan ke Bagian Keuangan kantor Pusat dengan Nomor Rekening 5040199 a.n BMT Beringharjo Pusat. Adapun ketentuan nominal administrasi adalah :
    • Mahasiswa/Institusi pendidikan : Rp. 300.000,-/orang/bulan
    • Institusi BMT/LKMS : Rp. 75.000,-/orang/hari
  9. Divisi R&D menjadwalkan agenda magang tersebut di data base pemohon magang.

Petunjuk Pelaksanaan Magang Mahasiswa dan Lembaga

B. Pelaksanaan

  1. Divisi R&D melakukan koordinasi dengan pihak manajemen untuk menentukan materi-materi klasikal yang akan disampaikan.
  2. Divisi R&D mengeluarkan surat pengantar magang yang ditujukan kepada Manajer Area Yogyakarta yang ditunjuk sebagai tempat magang.
  3. Surat Pengantar ditandatangani oleh staff Divisi R&D.
  4. Materi dilakukan di 2 (dua) tempat yaitu di dalam kelas (klasikal) dan praktek di lapangan.
  5. Jadual magang disesuaikan dengan kebutuhan pemohon magang.
  6. Peserta magang diwajibkan memberikan laporan tertulis mengenai magang yang dilakukan minimal 3 (tiga) kali selama proses magang dilakukan.
  7. Materi magang meliputi :
    • ke-HRD-an.
    • Kelembagaan.
    • Penjelasan mengenai Produk Layanan dan Keuangan Syariah.
    • Penjelasan mengenai Riba vs Bagi Hasil serta Nisbah.
    • Tehnik dan Strategi Lending Pembiayaan.
    • Tehnik dan Strategi Funding
    • Pembiayaan dan Operasional Tehnis Account Officer
    • Tehnik dan Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah dan Pengikatan Notaris.
    • Seputar Akad Pembiayaan.
    • SOP (Standard Operational Perocedure) Operasional dan Keuangan.
    • Manajemen Keuangan.
  8. Jika peserta magang memerlukan waktu magang lebih lama dan materi baru di luar kesepakatan awal, maka pemohon wajib menyampaikan kepada Divisi R&D mengenai hal tersebut disertai dengan alasan yang kuat.

C. Magang Berakhir

  1. Divisi R&D dapat meminta laporan hasil magang kepada peserta magang, dan peserta magang wajib memenuhi permintaan tersebut.
  2. Point 1 adalah syarat mutlak untuk dikeluarkannya surat keterangan telah melakukan magang di BMT Beringharjo atas nama Mahasiswa atau Lembaga yang bersangkutan.
  3. Jika point 2 di atas telah dipenuhi, maka Divisi R&D akan mengeluarkan surat keterangan telah melakukan magang di BMT Beringharjo yang ditandatangani oleh Direktur BMT Beringharjo.
© Copyright 2016 BMT Beringharjo